Wujudkan Desa Bersih Dan Tentram, Kades Tapuemea Ajak Warga Perbaiki Drainase

379
Kepala Desa Tapuemea Gusri S.pd bersama Masyarakat Desa laksanakan kerja bakti perbaiki drainase

Molawe, bumikonaweutara -Wujud keperdulian perangkat desa dalam menjaga kebersihan lingkungan Desa Tapuemea Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara, laksanakan kegiatan rutin jum’at bersih, memperbaiki saluran drainase yang rusak selama bertahun-tahun, Jum’at 24/2/2022.

“Dengan menggunakan peralatan seadanya, cangkul, skop dan peralatan tukang para warga Desa bersama perangkat Desa lakukan gotong royong, memperbaiki dan membersihkan saluran drainase dari sampah dan tanah yang sudah mengendap bertahun-tahun.” Ucap Gusri S.pd Kepala Desa Tapuemea.

Dengan semangat gotong royong kerja bakti yang dikemas dalam “Jumat Bersih”. Kepala Desa Tapuemea turut serta dalam kegiatan Kerja bakti, menurutnya kegiatan itu adalah salah satu bentuk dari kehidupan bertetangga. Kepedulian seseorang dalam kerja bakti ada kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial, juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan.

kerja bakti warga dan perangkat Desa Tapuemea dikemas “Jum’at bersih”

“Tak hanya Kades dan perangkat Desa, kerja bakti itu juga di ikuti oleh pemuda karang taruna, tokoh masyarakat dan perwakilan Ibu Rumah Tangga. Adapun kegiatan gotong royong tersebut meluputi penataan, dan pembersihan halaman, serta perbaiki drainase yang rusak.” lanjutnya.

Manfaat positif kerja bakti perlu diberdayakan. Kiranya hal ini dapat diagendakan secara terstruktur oleh desa melalui RW atau RT. Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka paling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini, kerja bakti bertujuan untuk mengantisipasi genangan atau membersihkan saluran drainase dan untuk mengatisipasi wabah penyakit.

Penulis : Mukrimin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here