Usai Panen Raya, Petani Sawah Lakukan Ritual Adat Tolaki Mosehe Di Konawe

Admin
11 Feb 2024 00:35
Daerah 0 43
1 menit membaca

Konawe, bumikonaweutara – Persiapan turun tanam padi para petani melakukan ritual adat Tolaki mosehe wonua dan doa syukuran, di Desa Wonua Monapa Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe, Sabtu 10/2/2024.

“Setiap habis panen para petani selalu melakukan rutinitas MOSEHE WONUA. Kegiatan mosehe wonua telah di hadiri juga dari beberapa tokoh, termasuk tokoh masyarakat sekaligus mantan desa wonua monapa.” ucap Torisman.

Kegiatan mosehe wonua ini, bukanlah kali ini mereka lakukan, tetapi setiap habis panen, para petani, masyarakat selalu melakukan, tidak ada lain hanyalah bentuk syukur Mereka, kepada sang maha kuasa karena di setiap Mereka melakukan tanam padi selalu di berikan kemudahan kekuatan serta kesehatan.

Setelah mosehe wonua langsung di lakukan juga doa syukur yang di pimpin oleh imam masjid desa wonua monapa, (Surianto samadan). dia juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat untuk di kalangan petani, serta masyarakat setempat, doa syukur ini banyak manfaat selain memohon doa untuk di beri kekuatan ini juga berkaitan dgn tolak balaa dan bencana.

Harapan para petani, agar dengan seringnya di lakukan MOSEHE WONUA dan doa syukur agar tanaman padi mereka selalu berhasil dengan baik, dan di jauhi hama2 yang ada di sawah.

Kegiatan adat Tolaki mosehe wonua, juga di hadiri kepala Desa Wonua Monapa (Megawati).

Penulis : Herman

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *