Ide Cemerlang DPRD Konut Dan Pemdes Mowundo Gandeng Koalisi Penambang Nikel, Bangun Jembatan

283
Anggota DPRD Konut Ir. Safrin (tengah), sekdes Mowundo, dan perwakilan koalisi perusahaan blok Mandiodo berada di jembatan rusak Desa Mowundo

Konut, bumikonaweutara – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) dapil 3 mengunjungi jembatan Rusak yang berada di Desa Mowundo Kecamatan Molawe Konut, Sabtu 16/07/2022.

Dalam kunjungan kerjanya, Anggota Komisi B DPRD Konut, memberikan klarifikasi terntang rencana pekerjaan pembangunan jembatan rusak, yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa setempat.

Dalam kesempatan itu, mewakili DPRD Konut sebagai anggota Komisi B membidangi transportasi dan perhubungan, menjelaskan, yang akan mengerjakan dua jembatan tersebut adalah Koalisi Perusahaan Tambang Nikel yang sedang beraktivitas di blok Mandiodo.

“Yang akan mengerjakan ini, adalah koalisi perusahaan tambang nikel, yang telah menyepakati untuk membangun 2 jembatan yang terletak di Desa Mowundo.” Ucap Ir. Safrin Anggota DPRD Konut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar menyampaikan dihadapan masyarakat Desa Mowundo dan perwakilan pihak perusahaan tambang nikel, bahwa, tidak ada pemungutan liar (Pungli) sejumlah dana dalam melaksanakan pembangunan jembatan, melainkan tanggung jawab koalisi perusahaan nikel dalam membantu perbaikan jembatan, yang dipercayakan kepada pemerintah Desa dan Warga Desa Mowundo.

Ir. Safrin Anggota DPRD Konut menyaksikan penyerahan uang tunai dari PT. GGM kepada pemerintah Desa Mowundo untuk pembangunan jembatan, dengan harapan agar semua perusahaan di blok Mandiodo bisa berkontribusi membantu Pemdes dalam menyelesaikan pembangunan 2 jembatan yang menjadi urat nadi perhubungan di blok mandiodo

“Karena ini juga digunakan lalu lintas perusahaan, agar berjalan dengan baik harus ada koordinatornya, yang disepakati hasil musyawarah perusahaan dengan masyarakat adalah pemerintah Desa Mowundo, dan camat Molawe sebagai pemantau kegiatan.” jelasnya.

Menurutnya, akses jalan tersebut adalah nadi penghubung tiga Desa yaitu Desa Mandiodo, Desa Tapuemea, Desa Tapunggaya, dan perusahaan tambang nikel yang beroperasi di blok Mandiodo.

“Jauh sebelumnya, pemerintah Desa sudah mengantisipasi kerusakan jembatan ini, makanya kami sudah melakukan koordinasi kepada beberapa perusahaan tambang yang beroperasi di blok Mandiodo untuk memperbaiki jembatan ini. Alhamdulillah dengan kepercayaan yang diberikan pada pemdes Mowundo, kami akan mengerjakan secara gotong royong bersama masyarakat Desa.” ungkap Ibnu Hajar, Sekretaris Desa Mowundo.

Ditempat yang sama, perwakilan perusahaan PT. GEA GEO MINERALINDO (GGM), yang disaksikan Anggota DPRD Konut Ir. Safrin, Camat Molawe Sapodin, pemdes Mowundo, Masyarakat Desa, dan Humas PT. BKM, humas KSO-BASMAN, menyerahkan uang tunai sebesar sepuluh juta Rupiah kepada pemdes untuk pengerjaan jembatan Mowundo yang rusak itu.

“Kami dari pihak perusahaan membantu menitipkan sejumlah dana tunai untuk perbaikan jembatan ini, kalau kami yang mau datang kerjakan itu agak susah untuk kami, dan ini tidak ada unsur paksaan, diberikan secara ikhlas. adapun kalau kami mau membantu selain uang tunai, kami bisa menyiapkan alat berat.” ungkap Irwan Tauhid pelaksana dari PT. GGM usai menyerahkan sejumlah uang tunai.

untuk sementara waktu jembatan dilalui kendaraan roda empat

Berdasarkan hasil kesepakatan lisan antara pemdes bersama pihak perusahaan di pasilitasi anggota komisi B DPRD Konut, yaitu, koalisi perusahaan tambang nikel blok Mandiodo dalam rencana perbaikan jembatan, bahwa setiap perusahaan akan membantu warga Desa untuk membangun 2 jembatan di Desa Mowundo, serta untuk bobot mobil kecil, secepatnya bisa bisa dilewati dini hari.

Penulis : Suhardiman Sawali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here